Saturday 18 July 2015

Hati-Hati Pakai Pertamax untuk Ninja 2 Tak

Ninja 2 Tak Pakai Bahan Bakar Apa Ya?


Sebelum melangkah lebih lanjut tentang bahan bakar minyak kita perlu tahu apa itu Bahan bakar  ???? wah pasti bingung ya? Bahan bakar dapat dikatakan sebagai segala sesuatu yang dapat diubah menjadi energi. Sedangkan jenis bahan bakar ada tiga ,yaitu : Bahan bakar cair contohnya BBM, Bahan bakar padat seperti batubara, dan bahan bakar gas seperti LPG. Di atas sekilas info ya tentang bahan bakar sekarang lanjut ke BBM saja.


Pada umumnya orang beranggapan bahwa pertamak lebih baik daripada bensin, jawabanya tentu saja benar karena harga tidak bisa dibohongi. Untuk kadar oktan bensin dan pertamak berbeda, untuk oktane number sering kita sebut sebagai berikut : RON 88 (pemium/bensin), RON 92 (pertamax), namun pemerintah akan mengeluarkan BBM jenis baru yaitu RON 90 (pertalit). Dengan beragamnya kadar oktan yang berbeda-beda diupayakan mampu memenuhi sesuai kebutuhan masing-masing mana yang labih baik dan kurang baik untuk motor kita.Tapi kembali lagi pada fungsi, jika motor dengan kompresi di atas 9:1 memang pertamak lebih baik karena memiliki oktane number RON 92 (pertamax) menjadikan peforma mesin lebih baik. Tetapi untuk motor dengan rasio kompresi rendah 7,2:1 (ninja rr) dan 6,8:1 (ninja r) maka lebih baik menggunakan bensin karena memiliki kadar oktan rendah. Jika di telinga kita dengar kok motor mahal seperti ninja 2Tak pakainya bensin ? kasihan motornya ntar rusak kalu gak pakai pertamax, hal itu merupakan tanggapan orang yang tentu saja tidak benar jadi biarkan saja apa kata mereka. Karena jika ninja 2Tak memakai BBM jenis pertamax dengan kadar oktan yang tinggi tidak ada efek apapun,justru menyebabkan adanya sisa BBM yang tidak terbakar dan menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bahan bakar yang akan menjadi karat. Hanya saja gas buang Emisi lebih baik jika ninja 2Tak memakai pertamax, jadi bagi anda pengguna ninja 2Tak pertimbangkan baik-baik pemakainan bahan bakar sehingga mampu mengontrol pemborosan. Yahh sekian yang mampu saya ungkapkan mohon maaf jika ada yang kurang beres, karena tidak ada manusia yang sempurna, sempurna hanya milik Tuhan :)

2 comments:

  1. kalau pertalit soale.bengsin dah langka di sini

    ReplyDelete
  2. Apakah benar jika bahan bakar d campur olsam ron nya ngk turun bro trz kenapa d buku panduan kawasaki menyarankan ron 92

    ReplyDelete